RSS

Senin, 14 September 2009

Memandang Singapura dari KTM Resort (BATAM)

Deru ombak terdengar di kejauhan memecah sore. Gulungan buih bergerak ke darat, menyentuh bebatuan di bawah tiang-tiang pancang villa. Senin pekan lalu, suasana KTM Resort di kawasan Tanjungpinggir begitu tenang.



Puluhan villa berjejer, menghadap laut lepas. Di kejauhan, bayang-bayang gedung pencakar langit Singapura terlihat samar. Dari KTM Resort negeri tetangga itu terasa sangat dekat. Patung Dewi Kwan Im yang berdiri menjulang setinggi 18 meter, menambah eksotis suasana.


Di pinggir resort ada pantai yang didesain sedemikian rupa membentuk kolam tempat ikan-ikan bermain. Ikan-ikan itu terbawa arus saat air laut pasang, namun begitu surut, kawanan ikan itu tak bisa lagi ke tengah.


“Jenis ikannya beragam. Ada kakap, ada kerapu dan lainnya. Kalau mau santai melihat ikan berenang di sinilah tempatnya,” kata Manager KTM Resort Ng Djui Tjie.


KTM Resort berdiri sejak tahun 2000 silam. Nama KTM diambil dari singkatan nama pemiliknya, Koh Tiat Meng. Awalnya villa yang berdiri di sana hanya beberapa saja, namun makin tahun jumlahnya makin banyak.


Menurut Ng, KTM Resort dibangun bertahap. Seperti tahun lalu misalnya, KTM membangun villa deluxe. Lalu ada villa front beach yang menghadap ke pantai, berhadapan langsung dengan negeri Singapura.


“Jumlah kamar semuanya 100 unit.”


KTM Resort tentu saja tak hanya menyediakan kamar-kamar untuk menginap. Ada sport bar yang baru berdiri tahun ini. Tamu-tamu yang ingin menikmati minuman, duduk mendengarkan alunan musik sambil menatap laut, bisa kongkow di bar itu.


Ingin santai di spa, juga bisa. Ada sejumlah spa villa di pinggir laut yang menyediakan layanan spa dan pijat. Kelebihannya pengunjung tak hanya dimanjakan dengan layanan spa itu, tapi bisa menikmati pemandangan di sekelilingnya.


KTM Resort juga terkenal dengan masakannya. Tamu-tamu penting yang datang ke Batam menjadikan restoran KTM sebagai tempat yang wajib dikunjungi. Restoran KTM menyediakan beragam sea food dan paket-paket steam boat. Mulai paket steam boat untuk dua orang hingga delapan orang. Juga ada paket-paket jamuan untuk perusahaan dan lainnya.
Masakan di KTM yang terkenal gurihnya, misalnya kepiting merica hitam, udang nestum, ikan ala thailand, gonggong, sotong dan lainnya. Ditambah sayuran khas KTM seperti jamur kuping, kangkung dan lainnya.


Juga tak perlu takut ketinggalan informasi karena menginap di sini. KTM Resort menyediakan wifi zone. Mereka yang biasa berinternet bisa memanfaatkan hot spot gratis yang berada di area restoran. Berselancar di dunia maya sambil memandangi laut, tentu bakal memberi nuansa berbeda.


Bagi yang ingin berenang, bisa berenang di kolam renang air laut yang ada di pinggir pantai. Konon, kolam renang air laut di sana memiliki khasiat mengangkat sel-sel kulit mati dan baik untuk penderita kencing manis. Juga sangat bermanfaat menyembuhkan penyakit eksim, penyakit kulit kronis dan berkhasiat bagi tubuh dan kecantikan kulit.


“Kolam renang air laut di sini juga terbuka untuk tamu luar yang bukan pengunjung. Anak-anak (tarifnya) Rp20 ribu, dewasa Rp30 ribu,” kata Ng.


Juga ada lapangan basket dan tenis di bagian atas. “Pokoknya komplit.”


Yang hobi mancing, bisa memancing di lokasi pemancingan di ujung restoran. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan ikan besar. Jika tidak, Anda tetap bisa bersantai sambil menikmati kelapa muda.


Selain itu, KTM menyediakan island tour dengan kapal. Ini semacam perjalanan mengelilingi pulau-pulau di sekitar KTM Resort. Pengunjung diajak naik boat mengelilingi pulau Belakangpadang, Kasu dan pulau Sambu.


KTM Resort berada di kawasan Tanjungpinggir. Untuk menuju ke sini, dari jalan raya pelabuhan Sekupang, kita berbelok ke simpang RS Otorita Batam. Lalu bergerak terus mengikuti satu-satunya jalan beraspal sampai ke pintu gerbang KTM Resort. Bersebelahan dengan KTM Resort ada stasiun radio Batam FM dan Zoo FM di bawah manajemen PT Ramako Batam.
Rata-rata, tamu-tamu KTM merupakan wisatawan asing seperti dari Singapura, Malaysia, eropa bahkan Amerika. Biasanya, KTM Resort menjemput tamunya langsung dari pelabuhan.


Bagi Anda warga Batam yang ingin menikmati liburan berbeda, tanpa harus jauh-jauh meninggalkan Batam, KTM Resort bisa jadi pilihan. ***

0 komentar:

Posting Komentar

Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net